Putri Wahyuni, Tamara (2020) PENARAPAN APLIKASI YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
SKRIPSI TAMARA PUTRI WAHYUNI A1D117204.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
cover.pdf Download (88kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (281kB) |
|
Text
halaman persetujuan.pdf Download (182kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK Wahyuni, Tamara Putri. 2021. Penerapan Aplikasi Yang Digunakan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19, Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi,S.Pd,M.Pd.I, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Penerapan aplikasi, Guru, dan Pembelajaran daring Kegiatan pembelajaran daring dilakukan untuk mempermudah pembelajaran pada saat pandemi Covid-19. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan media atau aplikasi. Aplikasi pembelajaran merupakan perangkat pembelajaran yang membantu tersampainya suatu materi pembelajaran. Pada masa pandemi covid-19 guru menggunakan aplikasi pembelajaran daring dalam meyampaikan pembelajaran karena pelaksanaan pembelajaran pada saat ini dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa aplikasi yang digunakan guru dan bagaimana penerapan aplikasi yang digunakan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian fenomenologi yaitu mendeskripsikan pengalaman guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Data pada penelitian ini adalah deskripsi tentang aplikasi yang digunakan guru dan deskripsi tentang penerapan aplikasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang menggunakan aplikasi pembelajaran daring SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Berdasakan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru menggunakan aplikasi Whats app, Youtube, dan juga WPS. Dalam penerapannya guru menggunakan aplikasi Whats App dengan cara mengirimkan modul pembelajaran, dengan pesan pembelajaran, menjelaskan melalui penjelasan dengan voice note dan membuat program pembelajaran, Cara penerapan aplikasi youtube yang dilakukan guru dengan mengirimkan link youtube kepada siswa dan video pembelajaran kepada siswa dan cara guru penerapan aplikasi WPS adalah sebagai alat bantu untuk membuka berkas berbentuk dokumen dengan pemahaman terhadap WPS. Disimpulkan bahwa penerapan aplikasi yang digunakan guru pada masa pandemi covid 19 dengan aplikasi whats app yang guru gunakan dengan cara Memberikan pesan pembelajaran yang berbentuk dokumen, foto, dan video terkait dengan materi pembelajaran, guru melakukan penjelasan pembelajaran melalui voice note, guru membuat program pembelajaran agar, dan pengiriman modul, Melalui WPS guru memiliki pemahaman WPS dan Melalui YouTube dengan cara mengirimkan link YouTube yang berisi tentang pembelajaran yang akan diberikan guru kepada siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | TAMARA PUTRI WAHYUNI |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 01:22 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 01:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16735 |
Actions (login required)
View Item |