N.W.S, Aulia and Jufrida, Jufrida and Basuki, Fibrika Rahmat (2021) Pengembangan Buku Ajar IPA Berkonteks Kearifan Lokal Jambi Pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover1.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
20210309_114741-converted.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Skripsi aulia.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan suatu proses belajar mengajar untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan perubahan sikap antara siswa dengan guru untuk mecapai tujuan tertentu. Kearifan lokal merupakan suatu kekayaan alam baik berupa kebudayaan maupun sumber daya alam serta hubungan antara manusia. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, diketahui bahwa buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi masih belum tersedia. Oleh karena itu diperlukan adanya pengembangan buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi pada materi listrik statis dan listrik dinamis kelas IX semester I dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap buku ajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tetapi pada penelitian ini hanya melakukan Analysis, Design, dan Development, sedangkan tahap Evaluation dan Implementation tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 17 Muaro Jambi Kelas IX. Pada tahap analisis dilakukan analisis kesenjangan kinerja, yaitu dilakukan observsi awal, menyebarkan angket kepada guru IPA dan siswa kelas IX SMPN 17 Muaro Jambi. Instrumen utuk uji kelayakan yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli media serta angket persepsi siswa. Hasil validasi ahli media dan ahli materi didapatkan bahwa buku ajar IPA layak diuji cobakan di sekolah. Buku divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi terhadap materi adalah 8,4375 dengan kategori amat baik, ahli media adalah 8,674 dan 8,681 dengan kategori amat baik. Selanjutnya hasil analisis data persepsi diperoleh persentase sebesar 4,279 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar ipa berkonteks kearifan lokal Jambi yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada pelaksanaan pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada para peneliti lain untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi untuk melengkapi atau menambah sumber belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | AULIA NOVITA WULANSARI |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 02:20 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |