Nisa, Lamtiar (1998) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS VII SMPN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
3.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
Bab IV_.pdf Download (880kB) |
Abstract
ABSTRAK Nisa, Lamtiar. 2020 Pengembangan E-book Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education menggunakan Sigil pada Materi Persegi dan Persegi Panjang di Kelas VII SMPN 1 Kota Jambi. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Yelli Ramalisa., S.Pd., M.Sc., (II) Feri Tiona Pasaribu., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : e-book, pendekatan pembelajaran realistic mathematic education, sigil, persegi, persegi panjang Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-book berbasis pendekatan pembelajaran realistic mathematic education menggunakan sigil pada materi persegi dan persegi panjang di kelas VII SMPN 1 Kota Jambi dan mendeskripsikan kualitas e-book yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bidang study matematika SMPN 1 Kota Jambi sebagai subjek uji coba perorangan dan peserta didik kelas VIIE SMPN 1 Kota Jambi sebagai subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik didik dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi dan subjek uji coba kelompok besar sebanyak 24 orang peserta didik. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrument, desain, materi, praktisi (uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil), dan efektif (angket respon peserta didik, soal tes hasil belajar dan lembar observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-book yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator desain, materi, uji coba perorangan (guru mata pelajaran), dan uji coba kelompok kecil (peserta didik). Kualitas e-book dikategorikan kualitas bahan ajar yang baik, dikarenakan e-book memenuhi kriteria kevalidan dengan persentase 81,73% yaitu "sangat valid”, kriteria kepraktisan dengan persentase 85,68% yaitu “sangat praktis” dan kriteria keefektifan yaitu memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 96,62% dengan kriteria “sangat efektif”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LAMTIAR NISA |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 03:49 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |