Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Tipe Kepribadian Judging dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi

Novera, Deni (2020) Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Tipe Kepribadian Judging dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI DENI NOVERA (A1C215034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

Novera, Deni. 2021. Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Tipe Kepribadian Judging Dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. (II) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci : judging, prosedural, pengetahuan prosedural, soal SPLDV Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengetahuan prosedural siswa tipe kepribadian Judging dalam menyelesaikan soal materi SPLDV. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kota Jambi kelas VIIIF tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang memiliki kepribadian Judging kelompok tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kepribadian, lembar soal tes materi SPLDV, dan pedoman wawancara pengetahuan prosedural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, subjek tipe kepribadian Judging dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dua variabel masih belum dapat memenuhi ketiga indikator pengetahuan prosedural. SJt.1 dan SJt.2 hanya memenuhi satu indikator, yaitu indikator pengetahuan kriteria untuk menentukan kapan penggunaan prosedur yang tepat sedangkan SJt.3 hanya mampu memenuhi dua indikator, yaitu indikator pengetahuan tentang teknik dan metode dalam bidang tertentu serta indikator pengetahuan kriteria untuk menentukan kapan penggunaan prosedur yang tepat. Adapun kesalahan yang dilakukan oleh masing-masing subjek adalah salah dalam melakukan pemisalan (dilakukan oleh SJt.1, SJt.2, dan SJt.3), salah dalam menuliskan penyelesaian (tidak menuliskan variabel dan salah menuliskan tanda operasi diakibatkan tidak teliti, dilakukan oleh SJt.1), merubah persamaan pecahan menjadi persamaan biasa dengan melakukan pemisahan suku persamaan saat perkalian (dilakukan oleh SJt.2), dan tidak menuliskan kesimpulan akhir (dilakukan oleh SJt.2).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DENI NOVERA
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:03
Last Modified: 09 Mar 2021 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16773

Actions (login required)

View Item View Item