ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA TIPE KEPRIBAFIAN INFLUENCE BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

HARTINI, GIFSI (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA TIPE KEPRIBAFIAN INFLUENCE BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (705kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
SKRIPSI GIFSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar siswa tipe kepribadian influence berdasarkan level kognitif pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal pada Agustus 2020. Data penelitian diperoleh dengen cara memberikan tes kepribadian influence kepada siswa. Selanjutnya, diberikan soal uraian SPLDV untuk mengetahui level kognitif siswa tipe kepribadian influence dan dilakukan wawancara kepada subjek tersebut. Setelah itu, data dianalisis secara kualitatif yang menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian influence mampu menyelesaikan permasalahan hingga pada level C4 (menganalisis). Namun, siswa influence belum mampu pada tahap C5 (mengevaluasi) dengan baik. Pada tahap C1 (mengingat), siswa tipe kepribadian influence mampu mengenali materi yang diujikan serta mampu mengingat konsep-konsep dari materi yang diujikan. Pada tahap C2 (memahami), siswa tipe kepribadian influence mampu menuliskan yang diketahui dan ditanya dari soal serta dapat mengubah kalimat-kalimat soal ke dalam simbol matematika dengan benar mampu menyederhanakan persamaan menjadi bentuk persamaan yang lebih sederhana. Pada tahap C3 (mengaplikasikan), siswa tipe kepribadian influence mampu menerapkan prosedur dalam memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan cara dan perhitungan yang benar. Pada tahap C4 (menganalisis), siswa tipe kepribadian influence dapat menyelesaikan masalah secara terurut selanjutnya membuat model matematika, kemudian menerapkan prosedur yang mereka ketahui untuk memecahkan masalah tersebut sampai menemukan jawaban akhir. Tetapi ada beberapa poin setiap langkah penyelesaian siswa influence dalam menjawab soal belum tersusun dengan lengkap dan jelas karena siswa influence tidak suka dengan hal yang terstruktur. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru mata pelajaran matematika, hendaknya dapat memahami level kognitif siswa berdsarkan tipe kepribadiannya dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran lebih efektif dan tepat dan membiasakan siswa khususnya siswa tipe kepribadian influence untuk terlatih dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah dengan menerapkan prosedur matematika yang tepat dan membimbing siswa sesuai dengan level kognitif siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: GIFSIHARTINI
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:32
Last Modified: 09 Mar 2021 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item View Item