Setyawati, Meri (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
Cover.docx Download (62kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MERI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (718kB) |
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran Inkuiri untuk digunakan di SMPN 4 Tanjung Jabung Timur agar meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Model Pembelajaran Inkuiri pada materi segitiga untuk peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yakni terdiri tahap define, tahap design, tahap development, dan tahap disseminate yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli desain. Uji coba dilakukan di kelas VII A SMPN 4 Tanjung Jabung Timur tahun ajaran 2020/2021 yang berjumalah 10 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKPD (ahli materi dan ahli desain), lembar praktikalitas LKPD (Angket respon guru dan peserta didik) dan lembar efektifitas LKPD (tes hasil belajar peserta didik dan lembar observasi aktivitas peserta didik). Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil validasi ahli materi diperoleh 89,23% (sangat valid), hasil validasi ahli desain diperoleh 73,33% (valid), hasil respon guru diperoleh 82,22% (sangat praktis), hasil respon peserta didik diperoleh 93,06% (sangat praktis), hasil tes belajar peserta didik diperoleh 80% (efektif) dan hasil lembar observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama diperoleh 90% (sangat baik), dan pertemuan kedua 80% (baik). Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MERI SETYAWATI |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 07:31 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 07:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |