Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aljabar Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama

Winarni, Sri and Marlina, Marlina (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aljabar Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 03 (01). pp. 71-84. ISSN 2620-8911

[img] Text
525 - Published Version

Download (35kB)
Official URL: https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/eduma...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran Aljabar berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung kemampuan komunikasi matematika siswa SMP. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil validasi ahli terhadap desain dan materi LKS masing-masing 4,05 dan 4,19 dengan kriteria valid. Selain itu, rata-rata respon siswa terhadap penggunaan LKS adalah 3,94 dengan kriteria praktis dan ratarata respons guru matematika terhadap LKS adalah 4,23 atau pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan validasi ahli, respons guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak diujicobakan di lapangan untuk melihat keefektifannya terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa

Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aljabar; komunikasi matematika; perangkat pembelajaran; Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Winarni
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:51
Last Modified: 15 Mar 2021 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16792

Actions (login required)

View Item View Item