Studi Kasus Pemerolehan Bahasa Pada Afifa Desfitiya Anak Usia 6 Tahun Dalam Berbaahasa

Apriani, Nike Mulya (2021) Studi Kasus Pemerolehan Bahasa Pada Afifa Desfitiya Anak Usia 6 Tahun Dalam Berbaahasa. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi nike.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover repositori nike.pdf

Download (60kB)
[img] Text
halaman pengesahan repositori nike.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab i nike.pdf

Download (46kB)
[img] Text
bab v nike.pdf

Download (47kB)
[img] Text
daftar rujukan nike.pdf

Download (38kB)

Abstract

Apriani, Mulya Nike. 2020. Studi Kasus Pemerolehan Bahasa Pada Afifa Desfitiya Anak Usia 6 Tahun Dalam Berbaahasa: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mujiyono Wiryotinoyo, M. Pd., (II) Priyanto,S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pemerolehan, Bahasa. Penelitian ini membahas tentang pemerolehan bahasa pada anak usia 6 tahun dalam berbahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pemerolehan Tindak Tutur pada Anak usia 6 Tahun di lingkungan kluarga dan teman sebaya. Subjek penelitian ini adalah Afifa Desfitiya anak berusia 6 tahun yang berada dalam lingkugan peneliti. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena penelitian ini berisi gambaran mengenai tahap pemerolehan bahasa anak. penelitian ini juga memaparkan proses pemerolehan tindak tutur pada anak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak,catat dan rekam. Metode pertama yang digunakan oleh peneliti adalah metode simak. Adapun teknik yang digunakan, dalam rangka melaksanakan metode simak itu adalah teknik catat dan teknik rekam. Dari catatan dan/atau rekaman pertuturan itulah data diperoleh sebagai bahan jadi penelitian pemerolehan bahasa pada anak. Simpulan secara umum pada penelitian ini dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu (1) bentuk perintah yang ditandai dengan kata kerja dasar dengan penanda intonasi seruan, (2) bentuk permintaan yang ditandai dengan bentuk kata kerja saya mau, saya Minta, (3) bentuk larangan yang ditandai dengan penanda larangan tidak, jangan, ndak boleh, (4) bentuk pernyataan yang sekadar menyatakan atau menginformasikan, (5)bentuk pertanyaan yang ditandai dengan apa, bagaimana,dan (6) bentuk penolakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Nike Mulya Apriani
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:24
Last Modified: 15 Mar 2021 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item View Item