PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENGOPTIMALKAN DISIPLIN KERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Dewi, Eva Rosiana and Destrinelli, Destrinelli and Sofwan, Muhammad (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENGOPTIMALKAN DISIPLIN KERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. JUDUL-dikonversi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
2. ttd.pdf

Download (383kB)
[img] Text
3. BAB 1 -dikonversi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
SKRIPSI EVA ROSIANA DEWI (A1D117121) PGSD FKIP UNJA 2017 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Eva Rosiana. 2021. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Mengoptimalkan Disiplin Kerja Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd (2) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Disiplin Kerja Guru. Kepala sekolah memiliki banyak peran dalam melaksanakan tugas, salah-satunya kepala sekolah berperan sebagai supervisor. Supervisi dilakukan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang dilaksanakan tidak tatap muka selama pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengoptimalkan disiplin kerja guru pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengoptimalkan disiplin kerja guru pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 34/I Teratai. Sumber data primer adalah wawancara dan obervasi kepala sekolah dan sumber data sekunder adalah foto-foto dan catatan yang berkaitan dengan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengoptimalkan disiplin kerja guru pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubersman dengan melalui 3 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah melaksanakan supervisi dengan beberapa tahap, antara lain: (1) Tahap perencanaan kepala sekolah telah menyiapkan segala hal yang akan digunakan dalam melaksanakan supervisi secara terorganisir, yaitu berupa tujuan supervisi, program supervisi dan instrumen yang digunakan. (2) Tahap pelaksanaan supervisi kepala sekolah melakukan tahapan pra-observasi, observasi dan post-observasi. (3) Tahap Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dengan memberikan motivasi dan mengapresiasi pekerjaan yang dilakukan guru agar tetap disiplin melaksanakan tugas. Berdasarkan hal itu, kepala sekolah sudah melaksanakan perannya dalam mengoptimalkan disiplin kerja guru pada masa pandemi covid-19 yaitu peran kepala sekolah sebagai supervisor. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah hendaknya tetap melaksanakan supervisi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap pembelajaran pada kondisi pandemi covid-19. Hal itu mampu mengoptimalkan disiplin kerja guru yang meliputi: disiplin waktu, kepatuhan serta tanggung jawab.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Eva Rosiana Dewi
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:21
Last Modified: 15 Mar 2021 07:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16885

Actions (login required)

View Item View Item