AHMAD, NOFRAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAANBIMBINGAN KELOMPOK DI KELAS XI MIA SMAN 3 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JURNAL PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAANBIMBINGAN KELOMPOK DI KELAS XI MIA SMAN 3 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017.
|
Text
ERA1D012069-Artikel.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DI KELAS XI MIA SMAN 3 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh : NOFRAN AHMAD ERA1D012069 Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Imu Pendidikan FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Persepsi berasal dari bahasa Inggris “perseption” yang berarti tanggapan. Persepsi yaitu wawasan, intuisi atau pengetahuan yang diperoleh oleh perasaan. Sedangkan menurut Dimyati Mahmud dalam Herdiana (2010:12) “persepsi itu pada umumnya merupakan proses informasi yang dirasakan atas pengalaman-pengalaman masa lampau”. Layanan bimbingan kelompok merupakan proses pemberian informasi dan bantuan kepada sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok guna mencapai suatu tujuan tertentu. Layanan yang diberikan dalam suasana kelompok selain itu, bisa juga dijadikan media penyampaian informasi sekaligus juga bisa membantu siswa menyusun rencana dalam membuat keputusan yang tepat sehingga diharapkan akan berdampak positif bagi siswa yang nantinya akan menumbuhkan konsep diri yang positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Kelompok di Kelas XI MIA SMAN 3 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017, pada tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap pengakhiran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, merupakan penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subyek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan. Jumlah populasi atau subjek sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Selanjutnya untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik simple random sampling. Teknik Pengumpul Data penelitian diperoleh melalui angket dan Pembakuan Instrumen yaitu daftar isian yang berupa angket tertutup, yaitu responden hanya diberikan kesempatan untuk memilih 2 (dua) alternative jawaban Berdasarkan hasil yang didapat melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 40 orang siswa untuk menjawab terhadap 21 item pernyataan tentang Persepsi siswa terhadap pelaksanaan bimbingan kelompok di kelas XI MIA SMAN 3 Kota Jambi terhadap pelaksanaaan bimbingan kelompok tentang tahap pembentukan dengan deskriptor menjelaskan pengertian bimbingan kelompok, tujuan bimbingan kelompok, dan menjelaskan azas-azas bimbingan kelompok berada pada kualitas baik dengan nilai bobot rata-rata (63,5%). Pada tahap peralihan dengan deskriptor menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh berikutnya, membahas suasana yang terjadi, dan meningkatkan keikutsertaan anggota berada pada kualitas baik dengan nilai bobot rata-rata (75,0%). Pada tahap kegiatan dengan deskriptor pemimpin kelompok mengemukakan/topik untuk tugas kelompok, tanya jawab antara anggota dan pemimpin kelompok tentang hal-hal yang belum jelas, anggota kelompok membahas permasalahan/topik tersebut secara mendalam, dan kegiatan selingan berada pada kualitas baik dengan nilai bobot rata-rata (60,8%). Pada tahap pengakhiran dengan deskriptor pengambilan keputusan/kesimpulan dan merencanakan pertemuan selanjutnya berada pada kualitas baik dengan nilai bobot rata-rata (66,3%). Dengan adanya hasil penelitian yang telah terungkap, diharapkan dapat menghasilkan implikasi bagi bimbingan dan konseling terutama ditempat dilaksanakannya penelitian ini. Kata Kunci : Persepsi, Pelaksanaan Bimbingan Kelompok
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOFRAN AHMAD |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 06:20 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 06:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1697 |
Actions (login required)
View Item |