SIPA, ANA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. jurnal PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI.
|
Text
Artikel sipa - Copy.pdf Download (626kB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI Ana sipa1), Asni Johari2), Ali Sadikin3) 1)Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2) Dosen Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Dosen Email: 1)Anasipa99@Yahoo.com Oleh : Ana sipa Abstrak. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada kelas X. Banyak siswa menganggap bahwa belajar biologi sulit dipahami, yang ditandai dengan banyak siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Pada ulangan harian yang dilaksanakan setelah materi selesai dipelajari khususnya topik virus. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru adalah menggunakan model pembelajaran yang tepat. Yaitu model pembelajaran discovery learning berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil biologi siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen .Instrumen yang digunakan adalah tes yang telah distandarisasi melalui proses validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Uji hipotesis di lakukan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi ∝ = 0,05, data sebelum uji-t di lakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery learning berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMA Negeri 2 Kota Jambi. Rata-rata nilai kognitif siswa untuk kelas eksperimen adalah 80 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 72,08. Berdasarkan perhitungan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung > t tabel (4,47>1,66) maka hipotesis diterima. Rata-rata nilai afektif siswa untuk kelas eksperimen yaitu 80,5 dan untuk kelas kontrol 75,1. Dari uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (3,75>1,66) maka hipotesis diterima. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78 sedangkan untuk kelas kontol adalah 73. Dari uji hipotesis t hitung > t tabel (4,88 >1,66) maka hipotesis diterima. Kata kunci: Discovery Learning, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Virus.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANA SIPA |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 06:22 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 06:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |