Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor Pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI-MIA SMAN 4 Kota Jambi

Pasaribu, Alanisa Lola Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor Pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI-MIA SMAN 4 Kota Jambi. Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor Pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI-MIA SMAN 4 Kota Jambi.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL..pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penilaian adalah rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis, akurat dan berkesinambungan dengan menggunakan alat penggukuran tertentu, seperti soal dan lembar pengamatan.Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang tidak lepas dari penilaian yang merupakan bagian dari rangkaian suatu proses pembelajaran yaitu praktikum. Penilaian pada praktikum tidak hanya mencakup aspek kognitif melainkan juga menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Penilaian ranah psikomotor diperlukan untuk mengetahui sejauh mana setiap siswa belajar dan sejauh mana mereka menerapkan hasil belajarnya dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur desain dan pegembangkan instrumen penilaian ranah psikomotor pada materi titrasi asam basa kelas XI-MIA SMA serta untuk mendeskripsikan penilaian guru tentang instrumen penilaian ranah psikomotor yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan,pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk instrumen penilaian psikomotor divalidasi oleh dua dosen ahli dengan dua kali revisi. Instrumen penilaian psikomotor yang dikembangkan diujicobakan pada skala besar yaitu di kelas XI MIA 1 SMAN 4Kota Jambi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi dua yaitu analisa data kualitatif dan analisa data kuantitatif.Hasil validasi instrumen penilaian psikomotor oleh dua orang validator diperoleh jumlah skor validasi adalah 80,5 sehingga hasil penilaian termasuk dalam kategori “sangat baik”, dan hasil data angket respon guru dari aspek praktikalitas diperoleh rata-rata respon guru sebesar 28,33 yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba terhadap 28 orang siswa diperoleh rata-rata skor keterampilan siswa 68,75 dari skor tertinggi 80 sehingga tergolong dalam kategori“sangat baik”.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor yang telah dikembangkandapat digunakan untuk mengukur ranah psikomotorpeserta didik pada materi titrasi asam basa kelas XI.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: ALANISA LOLA PASARIBU
Date Deposited: 02 Aug 2017 06:20
Last Modified: 02 Aug 2017 06:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item