PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMPN 17 KOTA JAMBI �

Evilia, Enita PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMPN 17 KOTA JAMBI �. Universitas Jambi. ISSN 1234

[img]
Preview
Text
A1E113008-Artikel.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada siswa kelas VIII F SMPN 17 Kota Jambi yaitu rendahnya kreativitas siswa dalam belajar, seperti dalam belajar siswa cenderung pasif, tidak memiliki kebiasaan belajar yang baik, tidak memiliki cara belajar yang baik, siswa masih terbawa cara belajar ketika di SD, catatan pelajaran siswa tidak lengkap dan tidak teratur, siswa malas dalam belajar, terpaku dengan materi yang ada didalam buku dan tidak memanfaatkan buku-buku atau mencari materi dari sumber lain. Layanan penguasaan konten dalam masalah ini dibatasi pada bidang pengembangan kegiatan belajar siswa, sedangkan kreativitas belajar siswa dibatasi pada kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, orisinilitas dalam berpikir dan dapat mengelaborasi gagasan. Jauhar dan Wardati (2011:105) mengungkapkan layanan penguasaan konten yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu terutama kompetensi dan atau kebiasaan yang berguna dalam kehidupan sekolah, keluarga dan masyarakat. Barron (Ngalimun 2013:44) kreativitas adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru. Penelitian ini menggunakan jenis semi eksperimen dengan menggunakan one group prettest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 17 Kota Jambi yang berjumlah 39 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan alternatif jawaban “Ya atau Tidak” sebanyak 38 item. Instrument tersebut sudah di validitaskan dan diuji realibelnyanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan metode kolmogornov smirnov, uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa kreativitas belajar siswa sebelum diberi treatment berupa layanan penguasaan konten sebesar 764 dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten sebesar 1038. berdasarkan hasil uji t-test untuk t-hitung sebesar14.25 dan t-tabel pada tingkat kepercayaan 0.05 dan 0.10 sebesar 2.042 dan 1.697 itu artinya hipotes dalam penelitian ini yang menyatakan layanan penguasaan konten dapat mempengaruhi kreativitas belajar siswa kelas VIII F SMPN 17 Kota Jambi dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dapat mempengaruhi kreativitas belajar siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan konseling lebih mengupayakan keaktifan siswa.�

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ENITA EVILIA
Date Deposited: 02 Aug 2017 07:24
Last Modified: 02 Aug 2017 07:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item