Annisak, Wiricha PENGEMBANGAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI FISIKA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS MELALUI CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) BERBASIS WEB. EduFisika.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (736kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument identifikasi miskonsepsi fisika pada materi Listrik Dinamis melalui CRI (Certainty Of Response Index) berbasis web di kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah dalam pengembangan ini menggunakan Sugiyono (2013), yang meliputi: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Ujicoba Produk (7) Revisi Produk (8) Ujicoba Pemakaian (9) Revisi Akhir Produk (10) Produksi Massal. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validitas dan angket persepsi siswa. Spesifikasi produk yang dihasilkan berupa web server local yang dapat digunakan sebagai instrumen identifikasi miskonsepsi fisika. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa instrumen telah valid dan layak untuk diproduksi. Hasil analisis dari persepsi siswa untuk aspek kejelasan soal 77,0 % (baik), aspek tampilan 80,41 % (sbaik), aspek pengoperasian 78,95% (baik), dan aspek kemudahan 82,33 % (baik). Instrumen ini bisa digunakan secara luas oleh umum dan meminimalkan waktu yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi, namun sangat bergantung pada koneksi internet. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen identifikasi miskonsepsi fisika pada materi Listrik dinamis melalui CRI ini layak untuk mengidentifikasikan miskonsepsi fisika.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Depositing User: | WIRICHA ANNISAK |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 07:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 07:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1718 |
Actions (login required)
View Item |