Bakar, M.Pd, Drs. Abu and S.Si. M.Si, Afrida, and Rafifa, Nadia PENGEMBANGAN e-LKPD BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI POKOK HIDROKARBON UNTUK KELAS XI MIA SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN e-LKPD BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI POKOK HIDROKARBON UNTUK KELAS XI MIA SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI.
Text
1. COVER-converted.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nadia Rafifa, 2019. Pengembangan Bahan Ajar e-LKPD Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Pokok Hidrokarbon Untuk Kelas XI MIA SMA Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Abu Bakar, M.Pd (II) Afrida, S.Si. M.Si Kata kunci: multimedia pembelajaran, pendekatan chemo-entreprenneurship, hidrokarbon Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menunjukan kemajuan yang pesat. Menggunakan teknologi, dunia pendidikan diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkompeten dan dapat berkompetisi sesuai perkembangan zaman. Salah satunya dengan menggunakan multimedia pembelajaran, konsep kimia yang abstrak dapat diilustrasikan menjadi lebih konkrit dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Untuk itu dikembangkan multimedia pembelajaran dengan menggunakan Software 3D Pageflip Profesional berbasis pendekatan ilmiah yang dirancang agar siswa secara aktif membangun pengetahuannya. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui prosedur pengembangan, respon dan komentar siswa serta respon guru terhadap multimedia pembelajaran. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni lima belas orang siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 5 Kota Jambi. Produk hasil pengembangan berupa multimedia pembelajaran menggunakan Software 3D Pageflip Profesional Berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi hidrokarbon. Validasi masing-masing dilakukan sebanyak tiga kali, ahli media diperoleh skor 70 (sangat baik) dan ahli materi diperoleh skor 70 (sangat baik), tanggapan guru diperoleh persentase sebesar 4,5 (sangat baik) sehingga multimedia yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 90,7% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa multimedia pembelajaran ini sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NADIA RAFIFA |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 05:25 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 05:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17189 |
Actions (login required)
View Item |