MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS VB SD NEGERI NO. 55/1 SRIDADI

NURAINA, NURAINA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS VB SD NEGERI NO. 55/1 SRIDADI. MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS VB SD NEGERI NO. 55/1 SRIDADI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH pdf.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS VB SD NEGERI NO. 55/1 SRIDADI Oleh NURAINA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi ABSTRACT Nuraina, 2017 Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas VB SDN No. 55/1 SridadiSkripsi Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Drs.Arsil,M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Sowan,S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Kemandirian belajar, Model inkuiri. Penelitian ini berlatang belakang atas hasil observasi pada kelas VB SDN 55/I sridadi dan wawancara terhadap guru yang mengampu kelas tersebut, peneliti memperoleh data dari 27 siswa yang ada di dalam kelas hanya 7 orang yang berani, bertanggung jawab, berani megambil keputusan saat belajar. Bahwa kualitas siswa dalam kemandirian belajar masih kurang optimal, terlihat dari proses kegiatan belajar mengajar, siswa mengandalkan temannya dalam belajar. Hal ini disebabkan dalam penyampaian materi pelajaran masih berjalan satu arah, guru menjadi pusat kegiatan (teacher center learning) dan metode yang digunakan didominasi dengan konvensional. Tujuan Penelitian ini ialah mengetahui sejauh mana keefektivitas model inkuiri dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimaksud untuk memperoleh informasi mengenai keefektifitasan model inkuiri untuk meningkatkan kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi siswa dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nuraina
Date Deposited: 03 Aug 2017 06:31
Last Modified: 03 Aug 2017 06:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item