IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Mardiana, Mardiana (2021) IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI MARDIANA-dikonversi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER REPOSITORY.pdf

Download (63kB)
[img] Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan solusi mengatasi hambatan-hambatan yang dialami. Penelitian ini dilakukan di SDN 47/IV Kota Jambi pada Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V.B dan kepala sekolah SDN 47/IV Kota Jambi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yaitu meliputi: (1) kendala pemilihan media pembelajaran, (2) kendala pemahaman siswa, (3) kendala ketersediaan handphone pada siswa, (4) kendala kuota dan jaringan, (5) kendala pada penilaian belajar siswa, dan (6) kendala pada pengawasan. Adapun solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dialami yaitu antara lain: (1) Guru menggunakan video tutorial mengenai materi percobaan, (2) Guru melakukan bimbingan perbaikan melalui pengulangan materi yang belum dipahami oleh peserta didik, (3) Membuat jadwal pembelajaran menjadi 2 shift yaitu pada pagi dan sore hari dengan pembelajaran yang sama, (4) Memanfaatkan bantuan kuota gratis dengan sebaik mungkin, (5) Guru memfokuskan peserta didik yang sangat jarang mengumpulkan tugas dan praktek, kemudian menghubungi orang tua siswa untuk menanyakan permasalahannya melalui video call antara guru dengan orang tua. (6) Guru melakukan pemantauan pendampingan dengan berkoordinasi bersama orang tua siswa melalui video call dan mendokumentasikan kegiatan siswa saat belajar di rumah untuk memastikan bahwa siswa benar-benar belajar dari rumah. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa guru kelas V.B SDN 47/IV Kota Jambi telah melaksanakan pembelajaran daring dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Adapun hambatan-hambatan yang dialami dapat menjadi tantangan bagi guru agar lebih meningkatkan lagi pelaksanaan pembelajaran daring serta pembelajaran yang kurang efektif perlu diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MARDIANA
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:50
Last Modified: 15 Mar 2021 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item