Nurjanah, Tity Sikap Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Fisika Dasar pada Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Edu Fisika. (Submitted)
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (473kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Fisika Dasar di program studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan strategi penelitian adalah concurrent embedded. Adapun subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2016 yangberjumlah 96 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, pedoman wawancara dan telaah dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah model yang digunakan pada penelitian ini yaituHasil penelitian menunjukkan dimensi sikap persepsi mahasiswa terhadap dosen Fisika Dasar dikategorikan memiliki sikap baik dengan presentase 80,2% (77 dari 96 mahasiswa). Dimensi sikap kesenangan mahasiswa terhadap pelajaran Fisika Dasar dikategorikan memiliki sikap baik dengan prensentase 71,8% (69 dari 96 mahasiswa). Dimensi sikap ketertarikan berkarir di bidang Fisika dikategorikan memiliki sikap baik dengan presentase 62,5% (60 dari 96 mahasiswa). Sedangkan, dimensi sikap konsep diri mahasiswa dalam Fisika Dasar dikategorikan memiliki sikap tidak baik. Banyaknya kendala atau kesulitan mahasiswa dalam Fisika Dasar menjadi faktor penyebab tidak baiknya sikap tersebut. Sehingga disarankan untuk meningkatkan dimensi sikap konsep diri dalam Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Kata Kunci: Empat dimensi sikap, mata kuliah Fisika Dasar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | TITY NURJANAH |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 02:43 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |