PENGEMBANGAN WORKSHEET BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GELOMBANG MATA KULIAH FISIKA DASAR II

Haq, Nur Izzati PENGEMBANGAN WORKSHEET BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GELOMBANG MATA KULIAH FISIKA DASAR II. EduFisika.

[img] Text
Nur Izzati Haq_A1C313005.doc

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan worksheet berbasis keterampilan proses sains pada materi gelombang mata kuliah fisika dasar II dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap worksheet yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika semester IV yang telah mengontrak mata kuliah fisika dasar II. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli dan angket persepsi mahasiswa. Teknik analisa data yang berupa skor angket validasi dan angket persepsi mahasiswa dilakukan secara statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi maksimum dan minimum). Sedangkan analisis data hasil telaah dokumen pada saat observasi awal dan saran validator dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan verifikasi). Hasil penelitian ini adalah worksheet berbasis keterampilan proses sains pada materi gelombang mata kuliah fisika dasar II. Spesifikasi yang terdapat di worksheet ini yaitu worksheet didesain dengan tampilan cover yang menarik dan dilengkapi dengan gambar yang sesuai dengan materi interferensi dan difraksi. Worksheet ini berisi judul kegiatan, tujuan kegiatan, orientasi kegiatan, rumusan masalah, materi pembelajaran, pre test, evaluasi dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains (mengidentifikasi variabel, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, hasil percobaan, menganalisis data dan menyimpulkan). Worksheet ini memiliki keunggulan yaitu mahasiswa yang menggunakannya bisa mandiri dalam melakukan praktikum dan membantu mahasiswa mengembangkan aspek-aspek keterampilan proses sains. Adapun kekurangan worksheet ini yaitu video yang disajikan masih belum jelas untuk memahami materi dan aspek keterampilan proses sains belum semuanya terdapat pada langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa baik tanpa revisi sehingga produk yang dikembangkan dapat diujicobakan tanpa revisi. Reliabilitas angket persepsi mahasiswa sebesar 0,869 dengan kategori baik. Hasil analisis persepsi mahasiswa pada aspek desain sampul worksheet yaitu 13.63, desain isi worksheet yaitu 12.61, komponen penyajian yaitu 6.50, aspek KPS yaitu 9.68 dan komponen kebahasaan yaitu 13.18. Dari keempat aspek tersebut diperoleh persentase rata-rata persepsi mahasiswa sebesar 55.61 yang menyatakan bahwa hasil persepsi mahasiswa terhadap Worksheet Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Gelombang Mata Kuliah Fisika Dasar II ini adalah sangat baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Izzati Haq
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:09
Last Modified: 03 Aug 2017 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item