ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE STORY PROBLEMS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN MEMCAHKAN MASALAH

CONTESA, EMALIA ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE STORY PROBLEMS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN MEMCAHKAN MASALAH. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE STORY PROBLEMS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN MEMCAHKAN MASALAH.

[img]
Preview
Text
A1C112023-ARTIKEL.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Contesa, Emalia. 2017. Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning tipe Story Problem’s Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd, M.Sc., Pembimbing (II) Drs. Abu Bakar, M.Pd. Kata Kunci: Model PBL, Story Problems, Keterampilan Proses Sains, Asam dan Basa. Penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran mempengaruhi keterampiran proses sains dan hasil belajar siswa. Guru disekolah telah berupaya meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan cara menerapkan berbagai berbagai model pembelajaran agar hasil belajar siswa sesuai yang diharapkan, namun dikarenakan penerapannya belum maksimal sehingga keterampilan proses sains siswa juga belum berkembang dan meningkat secara maksimal. Alternative model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan memilih focus jenis masalah Story Problems yang dapat melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa meningkat secara maksimal yakni model PBL. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model PBL dengan jenis masalah story problems dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kemamapuan memecahkan masalah siswa pada materi asam dan basa dikelas XI IPA SMAN 1 Batanghari. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 5. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model PBL baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay siswa. Korelasi keterlasanaan model PBL dengan kemampuan memecahkan masalah siswa dicari dengan korelasi Produk Momen. Keterlaksanaan model PBL oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model PBL setiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model PBL dengan kemampuan memecahkan masalah dikategorikan sedang dengan rata-rata 0,54. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model PBL dalam pembelajaran asam dan basa di kelas XI IPA 5 SMAN 1 Batanghari sudah terlaksana dengan baik oleh guru dan siswa serta telah meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan memecahkan masalah siswa meskipun belum maksimal.

Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: EMALIA CONTESA
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:16
Last Modified: 03 Aug 2017 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item View Item