PEMBUATAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI RANGKAIAN ELEKTRONIKA DASAR 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JAMBI

Sibarani, Rilo Natanael PEMBUATAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI RANGKAIAN ELEKTRONIKA DASAR 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JAMBI. EduFisika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
A1C313029-ARTIKEL.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

1 ABSTRAK Sibarani, R.N. 2017. Pembuatan modul berbasis masalah pada materi rangkaian elektronika dasar 1 program studi pendidikan fisika Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Nehru, S.Si., MT., (2) Ahmad Syarkowi, M.Pd Kata Kunci : Pendekatan Berbasis Masalah, Penelitian, Persepsi Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul cetak berbasis masalah pada materi rangkaian elektronika dasar 1 program studi pendidikan fisika Universitas Jambi. Dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul pada matakuliah elektronika dasar 1 program studi pendidikan fisika Universitas Jambi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE, yang dimana hanya terdiri dari tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Pada tahap analisis, peneliti melakukan validasi kesenjangan kinerja dengan melakukan wawancara dan observasi buku sumber utama, didapatkan tiga kesenjangan: 1) Rendahnya tingkat keterbacaan buku, 2) Gambar yang disajikan tidak berwarna dan kurang menarik, dan 3) Kesulitan dalam memahami contoh permasalahan dan penyelesaian pada buku. Selanjutnya pada tahap desain, peneliti membuat inventarisasi tugas, membuat tujuan kinerja, dan menghasilkan strategi pengujian. Kemudian pada tahap pengembangan, peneliti mengembangkan modul yang dibuat lalu dilakukan revisi formatif dengan melakukan evaluasi materi, pedagogik, penyajian, dan kebahasaan. Terakhir peneliti melakukan tahap evaluasi, dengan melakukan uji coba untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap modul yang telah dibuat peneliti. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk tiap indikator yaitu: indikator tampilan dengan persentase 83%, yang termasuk kategori sangat baik. Indikator materi dengan persentase sebesar 74%, yang termasuk kategori baik. Dan indikator kebermanfaatan dengan persentase sebesar 77%, yang termasuk kategori baik. Sehingga jika dirata-ratakan persentase yang didapat sebesar 78%, yang jika dikonversikan ke dalam tabel konversi, hasilnya termasuk kategori baik.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Rilo Natanael Sibarani
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:12
Last Modified: 03 Aug 2017 02:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item