rena, rena (2021) strategi guru menanamkan nilai karakter disiplin pada pembelajaran dalam jaringan di sekolah dasar islam terpadu kota jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI Rena (A1D117259).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover rena.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
Bab 1 rena.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
Bab 5 rena.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka rena.pdf Download (190kB) |
Abstract
Rena. 2021. Strategi Guru Menanmkan Nilai Karakter Disiplin Pada Pembelajaran Dalam Jaringan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag, Pembimbing (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Disiplin, Pembelajaran Dalam Jaringan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru menanamkan nilai karakter disiplin pada pembelajaran dalam jaringan di sekolah dasar islam terpadu ahmad dahlan kota jambi. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui prosesobservasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi perencanaan dalam menanamkan nilai karakter disiplin yaitu membuat RPP, bekerjasama dengan orang tua dalam membuat peraturan pembelajaran, membuat jurnal harian, rekap penilaian sikap sosial, dan membuat lembar penilaian diri. Strategi pelaksanaan, pada saat pembelajaran menggunakan whatsApp dalam pelaksanaannya strategi menanamkan nilai karakter disiplin yaitu melakukan absen online di grup kelas, memberikan reward, pemberian batas waktu pengumpulan tugas. Pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan aplikasi zoom, strategi guru menanamkan nilai karakter disiplin yaitu dengan membuat kelompok belajar. Strategi evaluasi yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin pada peserta didik yaitu melakukan pengamatan dan mengisi lembar penilaian diri. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan guru mempunyai strategi untuk menanamkan nilai karakter disiplin pada pembelajaran dalam jaringan di sekolah dasar yaitu membuat RPP, membuat peraturan, membuat jurnal harian, membuat rekap penilaian sikap sosial, absen online, memberikan reward, pemberian batas waktu pengumpulan tugas, membuat kelompok belajar, melakukan pengamatan, dan lembar penilaian diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RENA |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 06:35 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |