PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN TAMPILAN MAJALAH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA

larasati, indri rezky (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN TAMPILAN MAJALAH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (46kB)

Abstract

Larasati, Indri Rezky. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Tampilan Majalah Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Tampilan Majalah, Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik di kelas X SMA. Sehingga untuk dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik maka dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan tampilan majalah berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas X SMA dan berdasarkan kualitas LKPD yang dikembangkan berdasarkan kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang menurut Branch (2009) meliputi tahap analyze, design, development, implemention, dan evaluate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Jambi dengan subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi yang dipilih langsung oleh guru mata pelajaran matematika yang mengajar di kelas tersebut. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi instrumen, materi, dan desain, lembar angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator desain, materi, praktisi (guru mata pelajaran matematika, peserta didik sebanyak 9 orang peserta didik). Kualitas LKPD dalam kategori baik, dikarenakan memenuhi kriteri kevalidan dan kepraktisan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan LKPD dari ahli materi diperoleh 80% (valid) dan dari ahli desain diperoleh 79,2% (valid), 2) persentase kepraktisan LKPD oleh pendidik diperoleh 87,5% (sangat praktis) dan oleh peserta didik diperoleh 87,8% (sangat praktis).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: INDRI REZKY LARASATI
Date Deposited: 15 Mar 2021 06:28
Last Modified: 15 Mar 2021 06:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item