PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI BAKTERI BAGI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

Dewi, Ratna and BUDIARTI, RETNI SULISTIONING and Aina, Mia (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI BAKTERI BAGI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Biodik, 3 (1). pp. 17-26. ISSN 2460-2612

[img] Text
LKPD Bakteri Karakter R dewi, Rtni, Mia 2017.pdf

Download (658kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/v...

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MIA SMA 2 Kota Jambi. Data hasil validasi ahli dan tanggapan siswa serta guru mata pelajaran biologi sebagai pengguna akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dimana data diperoleh dari angket. Proses validasi telah dilakukan baik oleh validasi ahli materi maupun validasi ahli media. Hasil akhir untuk validasi ahli materi memperoleh persentase 70,4% termasuk dalam kategori “baik”, sedangkan untuk hasil akhir untuk validasi ahli media memperoleh persentase 71% termasuk dalam kategori “baik”. Kemudian hasil yang diperoleh untuk persepsi guru mata pelajaran biologi memperoleh skor 86% termasuk dalam kategori “sangat baik” dan untuk ujicoba kelompok kecil memperoleh persentase 90% termasuk kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh baik dari validasi tim ahli, persepsi guru dan respon siswa, maka LKPD bermuatan pendidikan karakter dianggap layak dari segi kualitas materi dan media. Dengan demikian, LKPD bermuatan pendidikan karakter yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Kota Jambi kelas X pada materi Bakteri. Abstract: This type of research is research development. Development model used is a 4D model (define, design, develop, disseminate). His research subject is students of class X SMAN 2 Jambi city. Data validation results responses experts and students as well as teachers of biology subjects as users will be analyzed qualitatively and quantitatively, where the data is retrieved from the now. The validation process has been done either by expert validation the validation material or media expert. The end result for the validation material experts acquire percentage 70,4% are included in the category of “good”, while for the final result to validate media experts acquire a percentage of 71% is included in the category of “good”. The the result obtained for the perception of biological subject teachers earn a score 0f 86% is included in the category “very good” and to test small groups earn a percentage of 90% included the category “very good”. Based on the result obtained from both the validation team of experts, the perception of teacher and student response, then the learner activity sheet-charged character education is considered feasible interms of the quality of the materials and media. A learner activity sheet-charged character education that have been developed can be used as a medium of learning in SMAN 2 Jambi City class X on the material the bacteria

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mia Aina
Date Deposited: 22 Mar 2021 17:55
Last Modified: 22 Mar 2021 17:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17532

Actions (login required)

View Item View Item