Firman, Firman and Budiono, Hendra (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB TEMA PEMANFAATAN ENERGI DI KELAS IV SD. ELEMENTARY Islamic Teacher Journal, 8 (2). pp. 397-412. ISSN E-ISSN : 2503-0256 / ISSN : 2355-0155
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
7622-30557-1-PB.pdf Download (356kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bahan ajar yang valid, praktis dan efisien menggunakan model Problem Based Learning pada sub tema pemanfaatan energi di kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini didapat rata- rata hasil validasi secara umum 3,38 dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilihat dari keterlaksanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran dengan rata-rata 3,44, kategori Praktis, angket respon siswa didapat tingkat kepraktisan 3,49 dengan kategori praktis. Uji efektivitas dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran meliputi aktivitas visual, oral, motor, mental, dan emosional menunjukkan rata-rata aktivitas keseluruhan 79,58 dengan kategori Tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berada pada kriteria valid, praktis, dan efektif.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Firman |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 17:56 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 17:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17540 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB TEMA PEMANFAATAN ENERGI DI KELAS IV SD. (deposited 22 Mar 2021 17:56) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |