UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) TIPE 5E DI KELAS X MIA 1 SMAN 11 KOTA JAMBI

Asiah, ~ UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) TIPE 5E DI KELAS X MIA 1 SMAN 11 KOTA JAMBI. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) TIPE 5E DI KELAS X MIA 1 SMAN 11 KOTA JAMBI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH asiah.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARANLEARNING CYCLE (LC) TIPE 5E DI KELAS X MIA 1 SMAN 11 KOTA JAMBI Asiah1, Menza Hendri2 , Nova Susanti3 1)Alumni S1 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi 2,)Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi Email:Asiaanzura@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC) Tipe 5e pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan lembar observasi kegiatan siswa. Teknik analisis data motivasi, dan lembar observasi kegiatan guru dianalisis secara kuantitatif, data observasi aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif. Pada siklus I prose pembelajaran belum berjalan dengan baik, sehingga hasil angket motivasi siswa berada pada rata-rata 64,91 dengan kriteria kurang baik. penelitian ini belum mencapai hasil yang diharapkan yaitu dengan nilai hasil belajar 63,40 dan rata-rata nilai angket motivasi 48,97. Kendala yang dialami yaitu guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa. Solusinya guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan aplikasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa. Pada siklus II proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya namun rata-rata skor motivasi masih kurang yaitu 81,80 atau kategori kurang baik. Kendala yang dialami yaitu guru masih kurang membimbing siswa untuk melakukan hipotesis dan prediksi, solusinya gurusharus tegas dalam membimbing siswa dalam melakukan hipotesis dan prediksi misalnya memeriksa lembar diskusi siswa. Pada siklus III terlihat peningkatan motivassi belajar fisika siswa diperoleh rata-rata skormotivasi 94,33 yaitu dalam kategori baik. Kata kunci: Motivasi, Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) Tipe 5E

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ASIAH
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:59
Last Modified: 04 Aug 2017 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item View Item