PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ELASTISTAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK KELAS XI SMA

Sulistia, Heny PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ELASTISTAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK KELAS XI SMA. Edu Fisika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
A1C313020-ARTIKEL.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sulistia, Heny. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Discovery Learning pada Materi Ealastisitas dan Hukum Hooke untuk Kelas XI SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, M.Si, Ph.D, (II) Nova Susanti, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : LKPD, Discovery Learning, Elastisitas dan Hukum Hooke Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery learning pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke utuk kelas XI SMA, 2) Mengetahui persepsi Peserta Didik tentang Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery learning pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Peserta Didik kelas XI SMA. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan tahapan pengembangan yaitu menganalisis kebutuhan peserta didik, menganalisis KI, KD, indikator, studi literatur, membuat rancangan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik, membuat produk, kemudian validasi produk, revisi produk, pengembangan produk dengan cara uji coba lapangan dan data yang telah diperoleh dari uji coba lapangan dievaluasi. Dalam penelitian pengembangan LKPD Fisika yang peneliti lakukan, tahapan ADDIE yang dilakukan hanya sampai development. Hal ini dikarenakan peneliti hanya melakukan penelitian terhadap persepsi peserta didik terhadap LKPD fisika yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah LKPD Fisika berbasis Discovery Learning pada materi elastisitas dan Hukum Hooke untuk kelas XI SMA yang telah dinyatakan layak oleh validator. Hasil analisis persepsi peserta didik pada aspek desain pembelajaran persepsi peserta didik yaitu 13,25, aspek materi pembelajaran persepsi peserta didik yaitu 13,36, aspek keterbacaan LKS persepsi peserta didik yaitu 20,32, aspek visualisasi LKS persepsi peserta didik yaitu 20,18. Dari keempat aspek tersebut hasil persepsi peserta didik terhadap LKPD ini dirata-ratakan secara total sebesar 67.11 termasuk kedalam kategori sangat baik. yang menyatakan bahwa LKPD Fisika berbasis Discovery Learning pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk kelas XI SMA layak digunakan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran di kelas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Heny Sulistia
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:36
Last Modified: 04 Aug 2017 01:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item View Item