marta rena, anggun (2021) PROSES PENILAIAN HASIL BELAJAR DALAM JARINGAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI ANGGUN MARTA RENA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) |
Abstract
Rena, Anggun Marta. 2021. Proses Penilaian Hasil Belajar Dalam Jaringan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Andi Suhadi, S.Pd., M.Pd, Pembimbing (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Proses PenilaianHasil Belajar, Pembelajaran Dalam Jaringan Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan guru dalam memberikan penilaian hasil belajar dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19di SDIT Ahmad Dahlan Kota jambi pada kelas III Bsetelah dilakukannya observasi. Berdasarkan pernyataan dari guru kelas III B dan guru agama SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penilaian hasil belajar dalam jaringandi SDIT Ahmad Dahlan kelas III B. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini adalah deskripsi proses penilaian hasil belajar dalam jaringan di SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas III B dan guru agama SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penilaian hasil belajar dalam jaringandi SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi sudah terlaksana. Hal ini terlihat dari kesiapan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, guru menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai, guru juga menentukan prosedur penilaian yang akan di lakukan, guru mengembangkan instrument penilaian, melakukan penskoran, dan guru juga mengadministrasikan proses serta hasil penilaian.Aspek-aspek yang di nilai meliputi aspek penilaian afektif terdiri dari penilaian sikap spiritual dan sikap sosial teknik penilaian dilakukan melalui observasi dan jurnal.Penilaian aspek kognitif terdiri dari penilaian harian/penugasan, ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester, serta aspek penilaian psikomotor terdiri dari penilaian kinerja, proyek dan portofolio.Dalam pembelajaran dalam jaringan terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru yaitu guru tidak dapat memantau secara langsung kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik, guru tidak mengetahui potensi yang dimiliki oleh peserta didik, dan guru tidak mengetahui kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh peserta didik sehingga guru tidak dapat mengadakan remedial dan pengayaan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa proses penilaian hasil belajar dalam jaringandilakukan berdasarkan prosedur dan teknik penilaian yang telah ditentukan. Aspek-aspek penilaian yang dinilai meliputi Aspek penilaian afektif, penilaian kognitif dan penilaian psikomotor.Serta terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ANGGUN MARTA RENA |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 07:37 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |