Lestari, Umi Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada Kegiatan Praktikum Fisika Dasar 1 (Keterampilan Proses Sains: Observasi, Prediksi, Klasifikasi dan Kesimpulan). Edu Fisika. (Submitted)
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lestari, U. 2017. Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi Pada Kegiatan Praktikum Fisika Dasar 1 (Keterampilan Proses Sains: Observasi, Prediksi, Klasifikasi dan Kesimpulan). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Dra. Astalini, M. Si, (II) Drs. Darmaji, M. Si. Kata kunci: keterampilan proses sains, praktikum fisika dasar 1 Keterampilan proses sains awal mahasiswa Pendidikan Fisika UNJA perlu diidentifikasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat diberi tindakan pelatihan yang tepat dalam pembentukan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (observasi, prediksi, klasifikasi dan kesimpulan) mahasiswa pendidikan fisika UNJA pada kegiatan praktikum fisika dasar 1 dan faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Peneliti mendeskripsikan secara kuantitatif (angka) beberapa kecenderungan, perilaku, atau opini dari suatu populasi dengan meneliti sampel. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berketerampilan proses sains (observasi, prediksi, klasifikasi dan kesimpulan) sangat tidak baik. Dari hasil observasi diketahui mahasiswa memiliki rata-rata skor KPS yaitu: rata-rata skor KPS observasi 1,45; rata-rata skor KPS prediksi 1,60; rata-rata skor KPS klasifikasi 1,59; dan rata-rata skor KPS kesimpulan 1,62. Pada hasil Dokumentasi, mahasiswa memiliki rata-rata skor KPS yaitu: rata-rata skor KPS observasi 3,08; rata-rata skor KPS prediksi 1; rata-rata skor KPS klasifikasi 2,95 dan rata-rata skor KPS kesimpulan 2,76. Faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains mahasiswa yaitu pengalaman mahasiswa dalam praktikum fisika di SMA/MAN dan pengetahuan keterampilan proses sains. Selain itu, prasarana laboratorium pun turut mempengaruhi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | UMI LESTARI |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 01:37 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 01:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
View Item |