-, Murniawati Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Listrik Statis untuk Kelas XII SMA. Edu Fisika. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL-MURNIAWATIdocx.docx Download (917kB) |
Abstract
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui persepsi peserta didik terhadap pengembangan modul elektronik fisika berbasis saintifik pada materi listrik statis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi tahap I. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi materi dan media serta angket persepsi peserta didik. Teknik analisa data yang berupa saran dari validator dilakukan secara deskriptif kualitatif. Sedangkan skor angket validasi dan angket persepsi peserta didik dilakukan secara statistik deskriptif (mean, standar deviasi, skor aktual). Modul elektronik yang telah selesai dikembangkan memiliki format .exe yang dapat dijalankan pada laptop/komputer. Modul elektronik ini juga dilengkapi dengan uraian materi, animasi, video, contoh soal, dan soal tes formatif akhir. Modul elektronik ini telah divalidasi dan dinyatakan valid dengan jumlah rata-rata skor ahli materi sebesar 42 dan jumlah rata-rata skor validasi ahli media sebesar 66 yang termasuk dalam kategori amat baik. Selanjutnya, rata-rata skor hasil persepsi peserta didik terhadap modul elektronik yaitu 81,53125 dan dikategorikan amat baik. Keunggulan dari modul elektronik ini yaitu bahasa yang digunakan mudah dimengerti, video yang ditampilkan berbentuk tiga dimensi, pembelajaran terjadi sesuai dengan tahapan saintifik, dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, dan pada tes formatif akhir peserta didik dapat langsung melihat skor yang diperoleh. Adapun kekurangannya yaitu, modul ini masih membutuhkan media penunjang lain seperti laptop. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul elektronik fisika berbasis saintifik pada materi listrik statis ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | MURNIAWATI |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 01:36 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |