ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM DI SMAN 4 KOTA JAMBI

annisa, rifka ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM DI SMAN 4 KOTA JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM DI SMAN 4 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Kemandiriansiswadalam proses pembelajaransangatpentingdiperhatikanoleh guru, kemandirianmenekankanpadaaktivitassiswadalambelajar yang penuhtanggungjawabataskeberhasilandalambelajar.Modelproject based learningsalahsatualternatif yangbisameningkatkankemandiriansiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiketerlaksanaan model project based learningdanmengetahuipengaruhantaraketerlaksanaan model project based learningterhadappeningkatankemandiriansiswa di SMAN 4 Kota Jambi dalampembelajaranhidrolisisgaram. Desainpenelitianiniadalahpre-experimental desaindenganjenilpenelitianone-group pretest-postestdesainmenggunakansampelpenelitianrondom sampling. Adapunsampel yang dipilihhanyasatukelasyaitukelas XI MIA 1. Instrument padapenelitianiniberupalembarobservasi yang terdiridarilembarobservasiketerlaksanaan model project based learning, angketkemandiriansiswasertasoaltesuntukmelihathasilbelajarsiswa. data yang diperolehberupa data kuantitatifdan data kualitatif. Data kuantitatifdiujinormalitasdanhomogenitasnyakemudiandicarihubunganketerlaksanaan model project based learningdankemandiriansiswadengankorelasiprodukmomen. Selanjudnyadilakukanuji-t untukmelihatsignifikansipengaruhketerlaksanaan modelproject based learningdengankemandirinsiswa. Sementara data kualitatif yang diperolehdianalisisdenganmenggunakananalisis Miles danHuberman. Keterlaksanaan model project based learningoleh guru dansiswatermasukdalamkategoricukupbaik. Hal inidilihatdaripersentase yang diperolehpadalembarobservasi guru dansiswaserta yang diperkuatolehtulisan observer yang telahdianalisissebelumnya. Berdasarkanpengujian, data iniberdistribusi normal dan homogeny. Selanjudnyadengankoefisienkorelasi yang diperolehyaitusebesar 0,51, berartihubunganantaraketerlaksanaan model project based learningdengakemandiriansiswamemilikitingkathubunganagakrendah. Jikadilihatdarithitungsebesar 3,6525 yang dibandingkandenganttabel, thitung>ttabelyaitu 3,6525 > 1,6686 yang berartibahwaketerlaksanaan model project based learningberpengaruhterhadapkemandiriansiswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model project based learningberjalandengancukupbaikdanterdapatpengaruhantaraketerlaksanaan model project based learningdengankemandiriansiswadalampembelajaran di SMAN 4kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: RIFKA ANNISA
Date Deposited: 04 Aug 2017 03:35
Last Modified: 04 Aug 2017 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item