Profil Kemampuan Awal Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Baru Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2016/2017 Dalam Melakukan Praktikum Fisika Dasar 1 Di Universitas Jambi

Kuswanto, Kuswanto Profil Kemampuan Awal Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Baru Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2016/2017 Dalam Melakukan Praktikum Fisika Dasar 1 Di Universitas Jambi. Edu fisika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
A1C313016-ARTIKEL.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan awal keterampilan proses sains mahaiswa baru pendidikan fisika tahun ajaran 2016/2017 dan faktor-faktor yang mempengaruhi KPS mahasiswa.Metode penelitianmenggunakanpenelitian campuran (mixed method) dengan strategi transformative mixed method. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2016 sebanyak 104. Sampel penelitian dipilihsecara purposive sampling sebanyak 61 dengan ukuran sampel memenuhi nomogram Harry King tingkat kesalahan 6%. Instrumen yang di gunakan yaitu lembar wawancara, lembar observasi dan lembar analisis dokumen. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Analisis data kualitatif menggunakan Miles & Huberman dan statistik deskriptif. Hasil penelitian secara keseluruhan, skor KPS mahasiswa rata-ratanya antara 1.30 – 2.97 dari sekor skala 4. Berdasarkan wawancara menunjukkan bahwa 9% mahasiswa yang berpengalaman dalam praktikum, dengan berbagai alasan yang tidak lepas dari latar belakang pendidikan sebelumnya, terkait sarana dan prasarana maupun kurangnya kemampuan proses yang di pengaruhi oleh mahasiswa tersebut. Hasil observasi ketika praktikum menunjukkan keterampilan proses sains merancang yang sangat tidak baik, menganalisis praktikup sangat tidak baik, mendeskripsikan hubungan antara variabel sangat tidak baik dan melakukan praktikum dengan keriteria sangat tidak baik. Berdasarkananalisis laporan praktikum menunjukkan keterampilan proses sains merancang praktikum dengan kriteria baik, menganalisis praktikum tidak baik, mendeskripsikan hubungan antara variabel tidak baik dan melakukan praktikum dengan keriteria tidak baik. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya pengalaman praktikum mahasiswa serta sarana dan prasarana laboratorium.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: KUSWANTO
Date Deposited: 04 Aug 2017 06:52
Last Modified: 04 Aug 2017 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item