PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS XMIA 4 NEGERI 1 MUARO JAMBI

YULIANTI, YULIANTI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS XMIA 4 NEGERI 1 MUARO JAMBI. penerapan model pembelajarn inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi dan evaluasi, analisis dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru yang dibuat berdasarkan sintak pembelajaran yang ada di RPP, dan instrumen tes hasil belajar dalam ranah kognitif dengan menggunakan tes objektif yang diberikan pada setiap akhir siklus. Data tentang aktivitas siswa dan kegiatan guru merupakan data kualitatif dan data hasil belajar merupakan data kuantitatif. Pada siklus I aktivitas siswa yang diamati belum sesuai dengan yang direncanakan, karena masih ada beberapa aktivitas yang persentasenya berada pada kategori tidak aktif. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada aspek pengetahuan belum berhasil atau belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Selain itu hasil belajar siswa meningkat dari 68,18 menjadi 73,14. Meskipun terjadi peningkatan pada siklus II, namun hasil belajar fisika siswa belum mencapai nilai KKM  75 %, dalam pelaksanaan tindakannya juga masih terdapat kendala-kendala yang belum sesuai dengan apa yang diharapkan seperti masih ada siswa yang pada saat proses pembelajaran berlangsung kurang aktif dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Solusinya guru harus memberikan penguatan kepada siswa yang berani mengajukan pertanyaan memberi tanggapan/pendapat serta saran, penguatan dapat berupa kata-kata pujian dan memberikan nilai tambahan selain itu guru perlu menunjuk siswa yang tidak pernah bertanya agar bertanya kepada kelompok yang mempresentasikan hasil diskusinya. Pada siklus III terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari kategori cukup aktif menjadi aktif bahkan aktif sekali dan hasil belajar siswa telah mencapai nilai KKM yaitu sebesar 76,36. Berdasarkan hasil penelitian tersebut model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan lebih memahami fase model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIANTI
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:01
Last Modified: 04 Aug 2017 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item