Mawarni, Rts HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 3 KOTA JAMBI. bimbingan dan konseling.
Text
ERA1D012061-ARTIKEL.doc Download (196kB) |
||
|
Text
ERA1D012061-ARTIKEL.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena lapangan yang menunjukan bahwa terdapat sedikitnya 6-11 orang siswa kelas VIII dari setiap kelasnya yang mengalami masalah dengan rasa percaya diri. Seperti kurang aktif saat proses belajar mengajar berlangsung, atau terlihat lebih suka menyendiri daripada berbaur dengan teman-temannya yang lain, , menunjukkan sikap pemalu atau minder saat berbicara dengan siswa yang lainnya di sekolah. Kurangnya rasa percaya diri siswa tersebut tentunya bukanlah fenomena yang tiba-tiba terjadi, melainkan hasil binaan yang berlangsung lama yang dapat berasal dari pola asuh maupun kondisi dan keadaan keluarga siswa tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan yang positif antara keharmonisan keluarga dengan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi?. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Jambi yang berjumlah 158 orang. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 76 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 74 item pernyataan untuk semua variabel penelitian. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis statistik Corellations Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS 21,0. Berdasarkan hasil analisis data, maka diketahui bahwa keharmonisan keluarga siswa kelas VIII di SMA Negeri 3 Kota Jambi berada pada kualitas yang sangat baik (91,8%) dan rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMA Negeri 3 Kota Jambi berada pada kualitas yang baik (88,9%). Selain itu, diketahui bahwa terdapat korelasi sedang yaitu sebesar 0,56 antara keharmonisan keluarga dengan rasa percaya diri siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang memadai, positif dan berarti antara keharmonisan keluarga dengan rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Jambi. Hasil penelitian tersebut memberikan arti bahwa jika keharmonisan keluarga siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Jambi mengalami peningkatan, maka rasa percaya diri siswa tersebutpun akan ikut meningkat dengan nilai korelasi peningkatan yaitu sebesar 0,56.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | RTS. MAWARNI |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 01:41 |
Last Modified: | 07 Aug 2017 01:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1780 |
Actions (login required)
View Item |