STRATEGI GURU DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Puspitasari, Rita (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI RITA PUSPITASARI A1D117110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (268kB)

Abstract

Puspitasari, Rita. 2020. Strategi Guru Dalam Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar Minat belajar merupakan suatu keadaan atau titik perhatian seseorang terhadap pembelajaran yang diperlihatkan melalui kesungguhannya dalam melaksanaan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama pandemi covid-19 saat ini menimbulkan beberapa permasalahan yang dapat mengakibatkan menurunnya minat belajar peserta didik. Pembelajaran secara online menimbulkan kesulitan bagi peserta didik terutama pada pemahaman materi pembelajaran, perhatian dan semangat saat proses pembelajaran serta faktor eksternal lainnya seperti media pembelajaran, alat komunikasi dan jaringan internet yang kurang mendukung serta lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan: (1) strategi guru dalam membangkitkan minat belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19, (2) faktor-faktor penghambat pelaksanaan proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 (3) solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Instrumen yang digunakan berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian, hasil pemerolehan data akan dianalisis berdasarkan Teori Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini memberikan pengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Penurunan minat belajar ini dapat dipengaruhi oleh adanya faktor internal dan eksternal yang terdapat dalam diri peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya suatu tindakan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan berupa perhatian dan insentif (hadiah) dan tahap evaluasi pembelajaran, (2) terdapat faktor-faktor yang menghambat proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dan (3) terdapat solusi yang diberikan oleh guru dalam mengatasi hambatan yang terjadi selama proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RITA PUSPITASARI
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:17
Last Modified: 17 Mar 2021 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17844

Actions (login required)

View Item View Item