STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

KARNIAWATI, DEVI and YANTORO, YANTORO and HAYATI, SUCI (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (232kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (438kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 dalam proses pembelajaran mengakibatkan beberapa problematik dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Matematika merupakan pembelajaran yang sering di anggap sulit oleh peserta didik sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring menimbulkan beberapa problematik seperti kurangnya alokasi waktu apabila pembelajaran dilakukan secara daring dan kurangnya minat peserta didik pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi problematik pembelajaran matematika di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pendekatan kualitatif menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data didapatkan maka akan di analisis menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang guru gunakan yaitu menggunakan Strategi pembelajaran Home Visit. dari hasil evaluasi yang guru lakukan problematik yang terjadi dalam pembelajaran matematika teratasi yaitu alokasi waktu yang terpenuhi dan minat siswa terlihat pada saat pembelajaran Home Visit. Dengan penggunaan strategi Home Visit guru memiliki waktu yang cukup dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika, dan dalam pelaksanaannya guru menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik pada pembelajarannya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa dengan penggunaan strategi pembelajaran Home Visit dapat mengatasi problematik pembelajaran matematika di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DEVI KARNIAWATI
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:33
Last Modified: 17 Mar 2021 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17872

Actions (login required)

View Item View Item