Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media E-Komik

Fuldiaratman, Fuldiaratman and minarni, minarni Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media E-Komik. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12 (2). pp. 62-67.

[img] Text
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media E-Komik.pdf

Download (268kB)
Official URL: DOI: 10.22437/jisic.v12i2.11087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang dilaksanakan dengan model kooperatif picture and picture berbantuan e-komik. Aktivitas guru dan siswa diamati oleh observer dan direkam dalam bentuk video. Berdasarkan hasil observasi dan rekaman video dilakukan refleksi untuk perencanaan pembelajaran disiklus selanjutnya. Setiap akhir siklus diadakan postes. Data keaktifan dikumpulkan dengan metode observasi dan data hasil belajar dengan metode tes. Instrument berupa lembar observasi keaktifan guru, keaktifan siswa dan alat evaluasi berupa tes pilihan ganda untuk mengumpulkan data hasil belajar. Luaran yang dicapai atau diperoleh dari penelitian ini adalah Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model picture and picture berbantuan media e-komik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi untuk setiap siklusnya berada pada kategori baik, yang mana pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,57% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,57%. Aktivitas siswa pada saat penerapan model picture and picture berbantuan media e�komik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah efektif, yang mana pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,14% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,14%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 66,66% dan siklus II yaitu 96,29%. Dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media e-komik terjadi peningkatan.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Minarni
Date Deposited: 22 Mar 2021 19:17
Last Modified: 22 Mar 2021 19:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item View Item