Analisis Konstruksi Indikator Berpikir Kritis dalam Rancangan Penilaian Kognitif Pembelajaran Teks Cerita Pendek oleh Guru Bahasa Indonesia di SMP N 3 Tebo

Hidayat, Ustin Cahyo (2021) Analisis Konstruksi Indikator Berpikir Kritis dalam Rancangan Penilaian Kognitif Pembelajaran Teks Cerita Pendek oleh Guru Bahasa Indonesia di SMP N 3 Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI PDF A1B117028 (Ustin Cahyo Hidayat).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
persetujuan-dikonversi.pdf

Download (79kB)
[img] Text
pengesahan-dikonversi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN-dikonversi.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK pdf.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1 pdf.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB 5 pdf.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Ustin Cahyo. Analisis Konstruksi Indikator Berpikir Kritis dalam Rancangan Penilaian Kognitif Pembelajaran Teks Cerita Pendek oleh Guru Bahasa Indonesia di SMP N 3 Tebo. Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. (II) HIlman Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kognitif, Cerita Pendek Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi indikator berpikir kritis dalam rancangan penilaian kognitif pembelajaran teks cerita pendek yang disusun oleh guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Tebo. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tebo, Jambi. Alamat sekolah, Jalan Pahlawan, kecamatan Rimbo Bujang, Tebo, Jambi. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 2 bulan (November-Januari) tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah naratif. Penelitian naratif adalah salah satu bentuk inquiri dimana peneliti memelajari subjek penelitian secara individual dan memberi pertanyaan satu atau lebih individu tersebut untuk memperoleh cerita atau deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek terdapat 2 KD penilaian kognitif, indikator berpikir kritis ditemukan dalam rancangan penilaian kognitif pembelajaran teks cerita pendek. Tes yang digunakan untuk mengetahui capaian kognitif siswa menggunakan tes isian singkat. Implementasi penggunaan indikator berpikir kritis tampak pada butir-butir soal dalam lembar kerja peserta didik yang disusun oleh guru Bahasa Indonesia. Berdasarkan penelitian yang diperoleh mengenai analisis konstruksi indikator berpikir kritis dalam rancangan penilaian kognitif pembelajaran teks cerita pendek oleh guru Bahasa Indonesia di SMP N 3 Kabupaten Tebo tahun ajar 2020/2021 dapat disimpulkan bahwa dalam rancangan penilaian kognitif pembelajaran teks cerita pendek di SMP N 3 Tebo terdapat lima (5) indikator berpikir kritis di dalamnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Ustin Cahyo Hidayat
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:30
Last Modified: 18 Mar 2021 06:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18053

Actions (login required)

View Item View Item