Irwan, Alken (2021) MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMIC COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (167kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Guna untuk menekan penyebaran Covid-19, melalui Mendikbud Republik Indonesia menerapkan sistem pembelajaran tatap muka yang biasa dilakukan menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan/daring. Hal tersebut dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam mengikuti sistem pembelajaran dalam jaringan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat peserta didik dalam mengikuti sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemic Covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi pada November 2020. Data yang diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif denga rumus persentase. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi yang berjumlah 130 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi yang jumlahnya ada 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket.. Hasil dan Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat minat peserta didik dalam mengikuti sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemic Covid-19 di sekolah dasar khususnya di Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi dengan persentase nilai yaitu 51,5 % yang berada pada kategori cukup. Hal tersebut didapat dari hasil angket terhadap indikator minat yang diajukan kepada siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan guru agar untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti sistem pembelajaran dalam jaringan dengan mengemas pembelajaran dengan semenarik mungkin agar siswa menjadi lebih tertarik lagi untuk belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ALKEN IRWAN |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 06:52 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |