Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Autis dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Inklusi SMP Negeri 6 Kota Jambi

Syafrudin, Anggi Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Autis dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Inklusi SMP Negeri 6 Kota Jambi. Jurnal pendidikan matematika. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL(1).pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa autis dalam komunikasi verbal dan nonverbal dan kurangnya kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika di kelas inklusi. Sehingga permasalahan tersebut perlu segera diatasi agar pelaksanaan pembelajaran berhasil secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk (1). Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa autis dalam menyelesaikan soal dan (2). Mengetahui kesulitan yang dominan dihadapi siswa autis dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa autis yang berjumlah 2 orang di kelas VIII inklusi SMP Negeri 6 Kota Jambi yang terpilih sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Siswa autis kelas VIII inklusi SMP N 6 Kota jambi dapat memenuhi keenam indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu Menyajikan pernyataan matematika secara tulisan maupun lisan, Menjelaskan ide dan situasi secara tulisan maupun lisan dengan menggunakan ekspresi aljabar, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun model matematika suatu peristiwa, menemukan pola atau sifat dari suatu peristiwa matematika untuk menemukan solusi dan membuat kesimpulan secara tulisan maupuan lisan, menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi secara tulisan maupun lisan, mengungkapkan kembali suatu pernyataan matematika dalam bahasa sendiri secara tulisan maupun lisan. dan (2) Berdasarkan indikator komunikasi matematis terlihat bahwa siswa autis di kelas VIII SMP N 6 kota Jambi tidak memiliki kesulitan karena memenuhi seluruh indikator

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ANGGI SYAFRUDIN
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:12
Last Modified: 16 Aug 2017 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item