HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KEBUN KOPI KOTA JAMBI TAHUN 2020

Lystiawati, Renny and Syarifuddin, Muhammad and Guspianto, Guspianto (2020) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KEBUN KOPI KOTA JAMBI TAHUN 2020. SCIENTIA JOURNAL, 9 (1). pp. 244-250. ISSN 2302-9862

[img] Text
artikel UNaja-2.pdf

Download (196kB)
Official URL: https://ejournal.unaja.ac.id/index.php/SCJ/article...

Abstract

Penyusunan dan penerapan standar pelayanan akan sangat membutuhkan peran dan komitmen yang kuat dari pemimpin organisasi. Bahkan dapat dikatakan bahwa tanpa adanya komitmen yang jelas dari pemimpin, maka hampir dapat dipastikan bahwa penyusunan dan penerapan standar pelayanan akan mengalami kegagalan. Kunjungan pasien di Puskesmas Kebun Kopi terjadi penurunan jumlah kunjungan sebanyak 333 pasien. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan dengan mutu pelayanan di Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas di Puskesmas Kebun Kopi tahun 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Hasil penelitian di analisa dengan uji chi- square diperoleh nilai p-value = 0,005 (p < 0,05). Uji ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara kepemimpinan dengan mutu pelayanan. hipotesis ada hubungan yang berarti antara kepemimpinan dengan mutu pelayanan di Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi tahun 2020 dapat diterima.

Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Mutu Pelayanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: ?? IKM ??
Depositing User: Guspianto
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:17
Last Modified: 24 Mar 2021 05:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item View Item