Strategi Guru kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas

yantoro, yantoro and Pamela, Issaura Sherly and Purwati, Eka and Ismaini, Erni (2020) Strategi Guru kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas. Elementary Vol 6 No. 1. Januari-Juni 2020 (IAIN Metro), 6 (1). pp. 37-46. ISSN 2979-9282

[img] Text
jurnal IAIN Metro.pdf

Download (428kB)
Official URL: https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elemen...

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan tentang manajemen kelas tinggi di Sekolah Dasar dalam implementasi pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru kelas tinggi sekolah dasar negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi sebanyak 3 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa teks tentang manajemen kelas dalam pembelajaran tematik sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memiliki kemampuan manajemen kelas dengan katagori baik. Pembelajaran tematik diimplementasikan melalui manajemen kelas yang baik. Tiga komponen manajemen kelas terpenuhi, yaitu: manajemen fisik, sosio-emosional, dan organsasional. Kesimpulan penelitian adalah dalam implementasi pembelajaran tematik hal yang perlu diperhatikan adalah manajemen kelas. Guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memperhatikan manajemen kelas dalam implementasi pembelajaran tematik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yantoro
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:57
Last Modified: 19 Mar 2021 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item