fitriani, Lisa (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LURING SISTEM SHIFT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN 26 KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
LISA FITRIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL LISA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
persetujuan dan pengesahan.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
ABSTRAK Lisa Fitriani, 2021 “Efektivitas Pembelajaran Luring Sistem Shift Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 di SDN 26 Kabupaten Sarolangun”. Program Studi Pendidikan Olahraga dan kesehatan, FIK Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Atri Widowati, S.Pd.,M.Pd (II) Adhe Saputra, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Sistem Shift, Pandemi Covid-19 Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) melanda seluruh bagian dunia termasuk pula Indonesia. Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), hingga 17 November 2020 tercatat bahwa jumlah kasus terkonfirmasi adalah sebanyak 54.771.888 dengan jumlah meninggal dunia yaitu sebanyak 1.324.249 jiwa. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah terkait penanggulangan pandemi ini mulai dari adanya penerapan social distancing, pembatasan transportasi umum, penutupan jalur keluar masuk dari dan ke luar negeri hingga pengalihan kegiatan yang semula dengan sistem luar jaringan (luring) menjadi dalam jaringan (daring). Kendala yang dihadapi di SDN 26 Sarolangun ini antara lain yaitu konektivitas layanan internet yang tidak memadai, perangkat pembelajaran online seperti smartphone, komputer dan laptop yang juga masih minim dimiliki oleh masyarakat serta pemahaman tentang penggunaan aplikasi atau media online yang masih belum baik. Berdasarkan hal tersebut maka sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah ini yaitu belajar tatap muka sistem masuk bergiliran (shift) tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan pembelajaran luring sistem shift pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan selama pademi Covid-19 di SDN 26 Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu: angket (kuisioner), observasi dan dokumentasi. Dari hasil yang di peroleh, terdapat tiga dari lima indikator yang terpenuhi. Berikut adalah penjabarannya: indikator proses pembelajaran mendapat persentase 65%, nilai tersebut termasuk ke kriteria efektif. Indikator waktu pembelajaran mendapat persentase 59%, nilai tersebut masuk ke kriteria cukup efektif. Indikator sarana dan prasarana mendapat persentase 39%, nilai tersebut masuk ke kriteria tidak efektif. Indikator efektivitas pembelajaran mendapat persentase 33%, nilai tersebut masuk ke kriteria tidak efektif. Indikator capaian hasil belajar mendapat persentase 44%, nilai tersebut masuk ke kriteria cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran luring sistem shift pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan selama pademi Covid-19 di SDN 26 Kabupaten Sarolangun adalah cukup efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? POK ?? |
Depositing User: | LISA FITRIANI |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 01:50 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 01:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |