Saputra, Nofans Eka and Annisa, Verdiantika (2021) PENGARUH PEMBERIAN PSIKOEDUKASI "PIAWAI BERGAWAI" UNTUK MENGURANGI PERILAKU BERESIKO PADA GENERASI DIGITAL NATIVES. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 8 (1). pp. 30-37. ISSN 2406-8780
![]() |
Text
334601-pengaruh-pemberian-psikoedukasi-piawai-b-2c87df72.pdf Download (262kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian psikoedukasi piawai bergawai untuk mengurangi perilaku pada digital natives. Adanya pemberian psikoedukasi sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi digital pada digital natives secara komprehensif sehingga dapat mengurangi perilaku berisiko. Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Subjek penelitian merupakan kelompok digital natives berusia 14 ± 18 tahun yang pernah melakukan perilaku berisiko seperti perundungan, perilaku seksual, merokok dan lain-lain. Subjek dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing terdiri dari 10 orang. Kelompok eksperimen diberikan psikoedukasi dari modul Piawai Bergawai yang sudah divalidasi sebelumnya, sedangkan kelompok kontrol diberikan pelatihan yang tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat pengaruh signifikan pemberian dengan nilai signifikansi p=0,016 (p<0,05). Sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan tidak menunjukkan adanya perubahan signifikan dengan nilai p=0,101 (p>0,05). ' Psikoedukasi pada generasi digital natives khususnya remaja untuk mengurangi perilaku berisiko akibat akses informasi teknologi digital
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Saputra |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 02:15 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 02:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |