ARZIANTI, ULVA (2021) PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI KECAMATAN TEBO ILIR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI KECAMATAN TEBO ILIR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (166kB) |
Abstract
ABSTRAK Ulva Arzianti. 2020. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Kecamatan Tebo Ilir”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Pembimbing II Drs. Irwan, M.Pd. Kata Kunci: Gadget, Perkembangan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan pengamatan peneliti pada 5 orangtua anak peneliti masih melihat anaknya menggunakan gadget pada tanggal 25 Agustus 2019, peneliti melihat : 1) Setiap anak, rata-rata bermain gadget (Ipad dan / atau telepon genggam) selama 5-6 jam /hari yang dilakukan setelah pulang sekolah hingga waktu tidur, 2) Orangtua melarang lunak, dalam arti melarang tapi ketika anak merengek maka akan diijinkan; 3) Anak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam menggunakan fitur-fitur gadget; 4) Anak dapat berbahasa Inggris terutama dalam percakapan; 5) Anak cenderung tenang dan diam selama bernain gadget sendiri; 6) Anak cenderung rebut dan sulit mengalah saat bermain gadget bersama; 7) Anak cenderung menunda kewajiban rutinnya, seperti makan, mandi, tidur, belajar ketika sudah bermain gadget; 8) Anak cenderung tidak peduli dengan situasi di sekitarnya dan asyik sendiri; 9) Anak tidak suka jika diajak kegiatan di luar rumah dan selalu ingin cepat pulang agar bisa segera bermain gadget. Perkembangan moral adalah perubahan penalaran, perasaan dan perilaku tentang standar mengenai benar dan salah. Perkembangan moral ( moral development) berkaitan dengan atuan dan konvensi tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain. gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus”. Jenis penelitian penelitian ini tergolong dalam kelompok penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu) karena kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan bukti-bukti yang ada hubungan dengan hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa 5-6 tahun di kecamatan Tebo Ilir yang terdaftar pada tahun pelajaran 2020/2021, yaitu 60 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gatget Variabel terikat dalam penelitian ini adalah perkembangan moral anak. Instrumen dan pengumpulan data menggunakan angket berskala likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data pree test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0,1089 yang < dari L tabel 0,1143. Untuk data post test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0.0736 yang < L tabel 0,1143. Untuk data pree test kelompok control di dapat L hitung 0.0846 yang < L tabel 0,1143 sedangkan untuk data post test kelompok control didapat L hitung sebesar 0,1032 yang< L tabel 0,1143. Dalam melakukan uji homogenitas variansi adalah uji F. Dengan n1 = 60, n2 = 60, S12 pree test kelompok eksperimen= 222,60 dan S22 post test kelompok eksperimen = 106,99. S12 hasil pree test kelompok control = 201,70 dan S22 post test kelompok control = 207,81 dari semua hasil data diperoleh Fhitung kelompok eksperimen = 2,08. Kelompok control diperoleh Fhitung = 0,97. Selanjutnya dengan dk pembilang (V1) = 60 dan dk penyebut (V2) = 60 diperoleh Fhitung secara keseluruhan sebesar 0,46 dengan Ftabel = 3,15. Untuk uji hiportesis bahwa thitung > ttabel yaitu 12,2950 > 1,6577, t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 118 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6577 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan pengaruh gadget terhadap perkembangan moral anak usia dini 5-6 Tahun di Kecamatan Tebo Ilir. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gadget terhadap perkembangan moral anak usia dini 5-6 Tahun di Kecamatan Tebo Ilir, dengan interprestasi kuat (Strong effect). Saran pada penelitian ini Bagi anak agar dapat berperilaku disiplin, mandiri, kreatif dan dinamis dalam mengembangkan hidupnya di kemudian hari. Peneliti bagi penelitian ini memberikan pengetahuan baru bagi peneliti mengenai pengaruh gadget terhadap perkembangan moral anak usia dini 5-6 tahun kepada anak yang dapat dijadikan pengalaman untuk menerapkannya dalam pembelajaran di masa mendatang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Pembimbing II Drs. Irwan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Gadget, Perkembangan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | ULVA ARZIANTI |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 05:35 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |