STRUKTUR FRASA BAHASA KERINCI DIALEK TANJUNG PAUH MUDIK

  • Nely Arif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur frasa bahasa Kerinci dialek Tanjung Pauh Mudik. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Di sini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data. Sumber data berasal dari pemakaian bahasa lisan. Informan  diambil dari lokasi penelitian yaitu di desa Tanjung Pauh Mudik, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, wawancara dan rekaman. Struktur frasa bahasa Kerinci dialek Tanjung Pauh Mudik terdiri dari : 1) Frasa Nominal yang memiliki pola diantaranya:

FN                 Nomina + Nomina;FN             Nomina  +  Verba;  FN

Nomina + Ajektiva. Dari data diketahui kalau unsur inti  frasa nominal pada umumnya terletak diawal frasa. 2)  Frasa Verbal yang berstruktur ‘ Pembatas Modal/Aspek + Verba’ 3) Frasa Adjektival  dimanaunsur non inti (UNI) dapat terdiri dari satu kata atau lebih, sedangkan unsur inti (UI) tetap satu kata. 4) Frasa Preposisional yangpolanya antara lain adalah Preposisi + nomina, Preposisi + verba dan Preposisi + adjektiva. Posisi dari preposisi sebagai unsur inti dalam frasa preposisisonal selalu berada di awal frasa, sedangkan posisi non inti terletak setelah unsur inti.

Kata Kunci: Frasa, Struktur Frasa, Bahasa Kerinci

Author Biography

Nely Arif

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Published
2015-06-30
How to Cite
ARIF, Nely. STRUKTUR FRASA BAHASA KERINCI DIALEK TANJUNG PAUH MUDIK. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, [S.l.], v. 17, n. 1, june 2015. ISSN ISSN 0852-8349. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2430>. Date accessed: 27 aug. 2017.
Section
Seri Humaniora Volume 17 Nomor 1 Tahun 2015