ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM PEMECAHANMASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP

Aziza, Nur ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM PEMECAHANMASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP. JURNAL ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM PEMECAHANMASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM PEMECAHANMASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELASVIII SMP Nur Aziza1, Dewi Iriani2, dan Sufri2 1Mahasiswa Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2Dosen Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: 1Nuraziza2776@gmail.com ABSTRAK Dalam mempelajari matematika diperlukan proses berpikir karena matematika pada hakikatnya berkenaan dengan stuktur dan ide abstrak. Untuk mengetahui proses berpikir sis- wa dilihat melalui deskriptor tahapan proses berpikir yang hierarki yaitu mengenal, pema- haman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendes- kripsikan proses berpikir dan proporsi jenis kesalahan siswadalam menyelesaikan soal peme- cahan masalah pada materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VIII CIBI SMP N 1 Kota Jambi yang memiliki gaya belajar visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari keenam tingkatan proses berpikir yang hierarki yaitu tahap mengenal, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi, semua subjek visual telah memenuhi tingkat evaluasi, dan (2) saat menyelesaikan masalah, beberapa subjek visual melakukan kesalahan yaitu 15,38% ketidakcermatan dalam membaca, 25% ketidakcermatan dalam berpikir, 15,38% kelemahan dalam analisis masalah dan 61,53% subjek visual tidak melakukan kesalahan pada saat menyelesaikan soal pada lembar soal pemecahan masalah. Kata Kunci: berpikir, kesalahan, visual, pemecahan masalah

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR AZIZA
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:40
Last Modified: 30 Aug 2017 04:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item