yusnidar, yusnidar and epinur, epinur PENGEMBANGAN e-MODUL KONTEKSTUAL MATERI SISTEM KOLOID BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKA HASIL BELAJAR SISWA SMA MUARO BUNGO. JSIC. (Unpublished)
![]() |
Text
20201103102910-8643-artikel-1717.pdf Download (970kB) |
Abstract
ABSTRAK Untuk mencapai tujuan pembelajaran banyak komponen yang terlibat diantaranya adalah bahan untuk belajar dan mengajar. Segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas disebut bahan ajar. Salah satu dari bahan ajar tersebut adalah modul. Dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi sangat memungkinkan mengembangkan modul berbasis elektronik (e-modul). Akan lebih bermakna lagi jika e-modulnya kontekstual. Indonesia adalah negara yang sangat luas dengan berbagai budaya. Budaya ini menyebabkan setiap daerah mempunyai kearifan lokal yang berbeda-beda. Penyajian materi kontekstual berbasis kearifan lokal akan membantu siswa untuk memahami materi, pengetahuan akan diperoleh melalui pengalaman sendiri dan ada di lngkungannya. Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan modul kontekstual berbasis kearifan lokal materi koloid untuk siswa SMAN 3 Muaro Bungo, (2) Mengetahui penilaian guru terhadap modul kontekstual berbasis kearifan lokal materi koloid untuk siswa SMAN 3 Muaro Bungo dan (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa modul kontekstual berbasis kearifan lokal materi koloid untuk siswa SMAN 3 Muaro Bungo. Penelitian pengembangan modul kontekstual berbasis kearifan lokal materi koloid menggunakan model 4-D. Hasil penelitian diperoleh e-modul yang dikemban
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Yusnidar |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 07:12 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |