PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SAROLANGUN (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi)

Dahmiri, Dahmiri and Suzana, Vera (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SAROLANGUN (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi). Jurnal Manaejemen Terapan dan Keuangan, 5 (3). ISSN E-ISSN : 2685-9424; ISSN : 2252-8636

[img] Text
25. ARTIKEL 6 MANKEU VOL 5 NO 3 SEP-DES 2016.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun, serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer berupa kuisioner, kemudian dilengkapi dengan data sekunder dari studi pustaka yang berupa literature, perundangundangan, penelitian ilmiah dan dokumen pendukung yang berhubungan dengan penelitian. Penyebaran kuisioner di berikan kepada 100 sampel, data kuisioner kemudian diolah dan dilakukan analisa berupa karakteristik responden, tanggapan terhadap pernyataan,uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan seluruh instrument valid dan reliabel. Pada uji korelasi terdapat korelasi kuat antara kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y), artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan (X) teradap kepuasan masyarakat (Y). Koefisien determinasi rsquare 99,8% perubahan variable pada kepuasan masyarakat (Y) dapat diterangkan oleh kualitas pelayanan (X). Terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan teradap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun. Kepuasan masyarakat dipengarui oleh kualitas pelayanan.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Dahmiri
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:10
Last Modified: 22 Mar 2021 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item