NURKHOLISAH, NURKHOLISAH (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-WARDAH OLAK KEMANG KEC. DANAU TELUK KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (165kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurkholisah. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Wardah Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I, Pembimbing II Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Kata Kunci:Media Manipulatif, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Latar belakang masalah penelitian ini yaitu terdapat beberapa anak dalam mengajarkan konsep-konsep matematika dasar cenderung menekankan pada praktek-praktek paper pencil tes. Metode yang digunakan menjadi kurang variatif karena guru hanya menggunakan metode pemberian tugas dalam mengenalkan konsep dan lambang bilangan. Anak hanya diberikan lembar kerja yang berisi angka-angka ataupun menyebutkan bilangan 1-10 secara bersama-sama kemudian anak ditugaskan untuk menulis angka tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan anak cepat bosan dan tidak tertarik dalam pembelajaran matematika. Penggunaan Media Manipulatif pada penelitian ini menurut Hardiyana, (2010: 8)penggunaan media manipulatif adalah alat bantu pelajaran yang digunakan olehguru dalam menerangkan materi pelajaran dan berkomunikasi dengansiswa, sehingga mudah memberi pengertian kepada siswa tentang konsepmateri yang diajarkan dengan menggunakan benda-benda yang didesainseperti benda nyata yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari,seperti buah-buahan, binatang, alat transportasi berupa mainan danmanik-manik yang dengan mudah diutak-atik diubah-ubah.Sedangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada penelitian ini menurut Sudaryanti (2016:1) merupakan konsep matematika yang sangat penting untuk dikuasai oleh anak, karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep-konsep matematika selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di TK Islam Al-Wardah Olak Kemang Kec. Danau Teluk Kota Jambi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada Anak Usia Dini Di TK Islam Al-Wardah Olak Kemang Kec. Danau Teluk Kota Jambi. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Al-wardah Olak Kemang Kec. Danau Teluk Kota Jambi. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa 5-6 tahunsampel penelitian yaitu 30 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Media Manipulatif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalahKemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruhpenggunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada Anak Usia dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Wardah Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi pada interprestasikuatdengan nilai 0.65 yang berada pada rentang > 1 dengan interprestasi kuat (Moderate effect).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I, Pembimbing II Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Manipulatif, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | NURKHOLISAH |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 06:38 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |